Categories
Parenting

Kewajiban dan Hak Mama Bekerja

® Hak mendapatkan kesempatan beristirahat di antara jam kerja. Bila karena kondisi kesehatannya, mamil membutuhkan jam kerja isitrahat lebih banyak, maka mintakan surat keterangan dari dokter yang merawat untuk disampaikan kepada bagian personalia/ terkait di perusahaan supaya mendapatkan dispensasi terkait jam istirahat.

® Hak mendapatkan cuti melahirkan. UU Ketenagakerjaan melindungi dan mengatur hak cuti hamil bagi setiap pekerja perempuan dengan durasi yang diakumulasi selama 3 bulan penuh. Khusus pada pegawai swasta, mamil berhak mendapatkan istirahat selama 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1,5 bulan setelah melahirkan, menurut perhitungan dokter kandungan atau bidan. ® Hak memperoleh gaji. Dengan status sebagai karyawati tetap, maka saat mamil mengajukan dan melaksanakan cuti hamil selama 3 bulan, mamil berhak mendapatkan gaji penuh.

® Hak mendapatkan cuti keguguran. Sekiranya mamil mengalami keguguran, mamil berhak mendapat istirahat 1,5 bulan atau menurut rekomendasi/ surat keterangan yang diberikan oleh dokter kandungan atau bidan.

® Hak tidak bekerja di jam malam, bagi pekerja malam, bila membahayakan kesehatan dan keselamatan kandungan maupun diri mamil. Jadi, perusahaan dilarang keras memperkerjakan pekerja wanita hamil yang menurut keterangan dokter berbahaya bagi keselamatan dan kesehatan kandungannya maupun juga untuk dirinya sendiri pada jam malam dari 23.00 sampai 07.00. “Jika perusahan tidak memberikan hak-hak tersebut, Mama bisa menyampaikan secara asertif, tegas, dan sopan sambil memperlihatkan lagi kontrak kerja yang berlaku terkait hak dan kewajiban, kepada atasan maupun pihak berwenang di perusahaan,” saran Donna.

Bila ada keterbatasan perusahaan yang tidak menyalahi peraturan dan mamil bisa memahaminya, maka diskusikan/konsultasikan solusi efektif apa lagi yang kiranya bisa mamil dapatkan. “Tapi, bila perusahaan melanggar ketentuan yang sudah diberikan oleh Undang-Undang ketenagakerjaan yang berlaku, maka perusahaan bisa mendapatkan ancaman sanksi sebagaimana sudah diatur dalam UU tersebut,” tambah Donna.

Hal yang tak kalah penting selanjutnya adalah ketika anak sudah beranjak dewasa dan membutuhkan pendidikan terutama bahasa. Tempat les bahasa Perancis di Jakarta adalah rekomendasi untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *